welcome to my blog

berbagi ilmu untuk mencerdaskan anak bangsa

Selasa, 24 April 2012

PERALATAN TAMBAHAN DAN AKSESORI KOMPUTER


Peralatan tambahan digunakan untuk melengkapi dan memaksimalkan kinerja komputer sesuai dengan kebutuhan pengguna. Peralatan tambahan terpasang pada slot expansion yang berada di motherboard atau pada port COM atau port USB, bergantung pada peralatan tambahan tersebut.
Beberapa peralatan tambahan yang biasa digunakan :
1.       MODEM
Kepanjangan modem adalah modulator-demodulator, peralatan tambahan yang digunakan oleh komputer untuk mengubah sinyal digital atau listrik yang digunakan oleh komputer menjadi sinyal analog atau pulsa yang digunakan oleh telepon dan sebaliknya.
·          Fungsi
-       Alat komunikasi melalui jaringan telepon yang dikenal dengan internet.
-       Digunakan untuk mengirim dan menerima faks-mail.
-       Sarana untuk saling menukar informasi atau data tanpa batas ke seluruh dunia
·          Jenis
a.     Menurut jenis dan pemasangan
1)    Modem internal
Modem yang terpasang pada mother board di dalam casing dan menggunakan kabel telepon sebagai koneksi.
2)    Modem eksternal
Modem yang terpasang melalui port tertentu, seperti COM1, COM2, dan port USB. Modem ini terletak di luar casing dan menggunakan kabel telepon, kabel optic, atau wireless sebagai koneksi.











                                               1)       Modem internal                                                                                   2) Modem eksternal


b.     Menurut kecepatan informasi yang ditransfer (baud rate)
1)    Modem dial-up atau konvensional.
Pada awalnya, modem hanya memiliki kecepatan di bawah 2.400 baud atau  24 Kbps. Namun, dewasa ini modem model dial-up mampu mencapai kecepatan transmisi data maksimal sebesar 56 Kbps. Jalur telepon merupakan sarana yang digunakan untuk koneksi pada model modem dial-up.
2)    ADSL (asymmetric subscriber lines)
Teknoloogi modulasi yang dikembangkan dengan discrete multitone (DMT), yang memungkinkan transmisi data berkecepatan tinggi. Perbedaan antara modem ADSL dengan modem konvensional yang paling mudah dilihat adalah dalam kecepatan pentransferan (upload/download) data. Kecepatan pada modem ADSL berkisar antara 1,5 Mbps sampai 9 Mbps. ADSL berbasis DMT tampak sebagai transisi dari kawat tembaga ke kabel fiber masa depan. Hal ini yang menjadikan ADSL lebih ekonomis digunakan untuk kebutuhan lokal perusahaan karena perangkat ADSL menyediakan layanan data berkecepatan tinggi sebum menggunakan teknologi optic fiber.
3)    Broad band ISDN (integrated services digital network)
Bentuk broad band menyediakan layanan terpadu, dengan kecepatan tinggi dan menggunakan serat optic sebagai media transmisi. Koneksi modem jenis ini sanggup menyediakan kecepatan (bandwith) yang melebihi 200 Kbps sampai pada satu mil terakhir jaringan koneksi, baik dari provider ke konsumen maupun dari konsumen ke provider.
·          Cara kerja
Untuk dapat memfungsikan modem sebagai sarana koneksi ke internet, dibutuhkan ISP (internet service provider), yaitu perusahaan yang menyediakan layanan akses internet ke kalangan umum, dengan mengenakan biaya. Misalnya, Telkomnet, Indosatnet, Centrin, CBN, atau wasantara. Informasi yang dapat mengalir pada saluran berjumlah terbartas, dan batsan ini disebut bandwith.

2.       Network Card atau LAN/Ethernet Card
Salah satu hardware tambahan pada komputer berbentuk card atau kartu, yang dipasangkan pada slot ISA atau PCI pada motherboard dan dilengkapi dengan konektor untuk dipasangkan kabel atau bisa juga tanpa kabel (wireless LAN card) yang menghubungkan beberapa komputer atau lebih dan dikenal sebagai port komunikasi antar komputer disebut network card. Beberapa motherboard terbaru biasanya sudah menyertakan fasilitas network card ini dalam bentuk on-board.



                                          network card atau LAN/Ethernet card
·        Fungsi
-       Alat atau media penghubung antara dua komputer atau lebih, yang dibuat dalam beberapa bentuk jaringan atau hubungan sesuai kebutuhan dan model yang diinginkan pengguna.
-       Media untuk transfer data atau informasi antara dua atau lebih komputer yang sudah terhubung lewat kabel atau wireless.
·        Jenis network card atau LAN/Ethernet card menurut cara transfer data
a.     Network card atau LAN/Ethernet card kabel
Network card yang menghubungkan satu komputer dengan komputer yang lainnya dengan perantara media kabel network.
b.     Network card atau LAN/Ethernet card wireless
Network card yang menghubungkan satu komputer dengan komputer yang lainnya dengan perantara media gelombang radio, tanpa menggunakan kabel atau lebih dikenal dengan sebutan wireless LAN atau WiFi (Wireless Fidelity).
·        Cara kerja
Ethernet menggunakan metode akses yang disebut CSMA/CD (carrier sense multiple accsess/collision detection). System ini menjelaskan bahwa setiap komputer memperhatikan ke dalam kabel dari network sebelum mengirimkan sesuatu ke dalamnya. Jika dalam jaringan tidak terjadi aktivitas atau bersih, komputer akan mentransmisikan data. Jika ada transmisi lain di dalam kabel, komputer akan menunggu dan akan mencoba kembali transmisi jika jaringan telah bersih. Metode ini dikenal dengan koalisi, dan tidak akan berpengaruh pada kecepatan transmisi network.

3.       USB Flash Disk


Media penyimpanan alternative yang berbasis”flash memory” dan menggunakan port USB untuk saling berkomunikasi dengan komputer. USB Flash disk bisa juga disebut sebagai harddisk mini yang portable.
                                                  USB flash disk

·        Fungsi
-       Media input/output dan media penyimpan data kerja dari komputer yang bisa dibawa kemana saja karena bentuknya yang mini dan bisa dimasukkan ke saku baju atau celana.
-       Media booting bagi komputer yang belum terdapat system operasi.
-       Media untuk mendengarkan lagu MP3 dan radio jika USB flash disk tersebut sudah dilengkapi dengan fitur MP3 dan radio.
     
      USB flash disk yang beredar di pasaran mempunyai berbagai kapasitas penyimpanan, mulai dari kapasitas penyimpanan 120 Mb, 256 Mb, 512 Mb, 1Gb, 2 Gb, dan ukuran yang lebih besar lagi.
·        Fitur
a.     Keamanan
Bebrapa jenis flash disk yang ada menawarkan fitur keamanan terhadap data yang tersimpan. Biasanya flash disk jenis ini mempunyai kemampuan untuk partisi seperti harddisk yang disebut dengan “private partition” untuk menyimpan data yang dilengkapi dengan password untuk mengaksesnya. Untuk menyimpan data yang tidak penting, pengguna dapat menggunakan “public partition” yang tidak dilengkapi proteksi.
b.     Backup & sinkronisasi
Fitur ini sangat penting bagi pengguna yang sering meng-update data yang sering berubah-ubah, seperti daftar relasi, alamat, nomor telepon, dan data penting lainnya.
c.      Kecepatan
Kecepatan komputer juga harus mendukung untuk memperoleh kecepatan transfer data pada USB flash disk, misalnya flash disk dengan USB 2.0 harus didukung juga oleh komputer dengan port USB 2.0, karena jenis USB 2.0 lebih cepat dibandingkan USB 1.1. Kecepatan pada flash disk saat ini dalam mentransfer data umumnya adalah 7 hingga 10 Mbps.
d.     Flash disk sebagai media music MP3 dan radio
USB flash disk yang dilengkapi dengan fitur tambahan ini biasanya memiliki bentuk yang lebih besar dan beberapa navigasi tambahan untuk menjalankannya, seperti tombol play, pause, next, dan lain-lain. USB flash disk yang berfungsi sebagai MP3 & radio ini biasanya menggunakan baterai AAA ataupun daya lainnya.


4.       Tape Storage
      Tape drive dan disk drive mempunyai transfer rate yang sama. Namun , random access tape lebih lambat daripada disk karena tape menggunakan operasi forward dan rewind.

                                                               Tape storage
Tape adalah media yang ekonomis jika media yang digunakan tidak membutuhkan kemampuan random access, misalnya backup data dari data disk dan menampung data yang besar. Tape digunakan oleh supercomputer center untuk menyimpan data yang besar. Data ini digunakan oleh badan penelitian ilmiah dan perusahaan komersial besar.
Pemasangan tape yang besar menggunakan robotic tape changers. Robotic tape changers memindahkan beberapa tape antara beberapa tape drive dan beberapa slot penyimpanan yang berada di dalam tape library. Library atau perpustakaan yang menyimpan beberapa tape disebut tape silo. Robotic tape library mengurangi biaya penyimpanan data. File yang ada di disk dapat dipindahakan ke tape dengan tujuan mengurangi biaya penyimpanan. Jika file itu ingin digunakan, komputer akan memindahkan file tersebut ke disk.

5.       Firewire Card
Sebuah card yang memiliki port penghubung video ke komputer disebut firewire card. Serial bus berkecepatan tinggi ini dikembangkan oleh apple dan Texas Instrument dan memiliki kemampuan untuk menghubungkan hingga 63 peralatan, misalnya camcorder dan scanner yang menggunakan port firewire. Dikenal juga sebagai standar IEEE 1394, dengan spsifikasi yang memiliki transfer rate 100, 200, dan 400 Mbits/detik. Fungsi yang didukung oleh firewire adalah hotswapping. Kecepatan ganda pada bus yang sama dan transfer data asinkronus, yang mengatur lebar gelombang operasi multimedia. Firewire dipakai secara luas untuk menghubungkan peralatan video ke komputer.
                                                                      Firewire card
6.       Joy Stick dan Games Pad
      Alat ini digunakan untuk bermain aplikasi games dan sekarang sudah banyak yang menggunakan kabel konektor USB dengan berbagai merek. Pada prinsipnya alat ini sama seperti cara kerja mouse.

7.       Printer
      Peripheral Printer adalah alat untuk mencetak data yang dikirimkan oleh komputer. Data yang dikirimkan dapat berupa tulisan, tabel, gambar maupun foto.

·        Jenis
a.     Printer Dot Matrix
Printer Dot-Matrix adalah pencetak yang resolusi cetaknya masih sangat rendah. Selain itu ketika sedang mencetak, printer jenis ini suaranya cenderung keras serta kualitas untuk mencetak gambar kurang baik karena gambar yang tercetak akan terlihat seperti titik-titik yang saling berhubungan. Umumnya, printer jenis dot-matrix juga hanya mempunyai satu warna, yaitu warna hitam. Tetapi saat ini printer ini masih banyak digunakan karena memang terkenal `bandel` (awet). Kelebihan lainnya, pita printer dot-matrix jauh lebih murah dibandingkan dengan toner (tinta) untuk printer jenis inkjet dan laserjet.
b.     Printer Laser Jet
Sebagian dari laser printer bentuknya mirip dengan mesin fotokopi. Daya cetaknya juga cukup banyak bisa mencapai lebih dari 10 lembar per menit. Kualitas hasil cetak laser printer pun sangat bagus, sehingga mirip sekali dengan aslinya. Selain itu hasil cetakan cepat kering. Tetapi harga printer ini cukup mahal.
c.      Printer Inkjet
Inkjet printer adalah alat cetak yang sudah menggunakan tinta untuk mencetak dan kualitas untuk mencetak gambar berwarna cukup bagus. Kecepatan mencetak jumlah halaman pada printer Inkjet tidak sama, tergantung pada jenis merk printer tersebut. Tetapi pada inkjet printer, hasil cetakan lebih lama keringnya jika dibandingkan dengan laser printer.


8.       Tv Tuner
TV Tuner adalah alat yang dapat digunakan komputer untuk menampilkan siaran dari berbagai macam stasiun televisi, seperti layaknya pesawat televisi biasa, TV Tuner juga dilengkapi dengan berbagai macam tools yang bisa digunakan untuk berpindah dari satu stasiun televisi ke stasiun televisi lainnya.  Ada berbagai macam produk TV Tuner yang telah tersebar dipasaran, tentu saja, setiap satu produk memiliki fitur yang berbeda dengan produk lainnya.
·        Fitur
-       Berpindah dari satu channel (stasiun televisi) ke channel lainnya ( preset channel).
-       Picture adjustment
-       Mendengarkan radio
-       Melakukan capture (penangkapan gambar) dari program televisi yang sedang berlangsung dengan format file gambar dan video.
-       Melakukan capture untuk camera handycam yang masih manual.
Penggunaan TV Tuner sebagai media televisi dalam rumah tangga merupakan suatu alternatif yang belum banyak dilakukan dimasyarakat. Hal ini dikarenakan masih kurangnya pengetahuan tentang teknologi untuk saat ini. Padahal jika diperhatikan dengan seksama, akan terdapat banyak manfaat yang diperoleh jika menggunakan alat ini, diantaranya mulai dari efisiensi biaya yang dikeluarkan, penghematan ruang, penghematan listrik untuk pengguna PC dengan intensitas tinggi. Artinya, tidak perlu ada tambahan biaya listrik untuk menyalakan TV karena tidak lagi membutuhkan TV sementara kita bisa menyaksikan TV dengan komputer.
·        Jenis
a.     TV tuner internal
TV tuner internal berada didalam CPU (diatas motherboard) dan di tancapkan di slot PCI ( Peripheral Component Interconnect ).
b.     TV tuner eksternal
TV tuner eksternal diletakkan diluar CPU, dan ditancapkan di USB (Universal Serial Bus). TV tuner jenis eksternal lebih praktis jika dibandingkan dengan jenis internal, karena jenis eksternal diletakan diluar CPU sehingga kita tidak perlu lagi membongkar CPU untuk memasangnya.

          Seperti layaknya pesawat televisi biasa, tv tuner baik yang internal maupun eksternal juga memerlukan alat tambahan yang digunakan untuk memperkuat sinyal, yaitu Antena. Untuk jenis antenanya bisa bebas, artinya bisa menggunakan antena yang diletakan didalam ruangan maupun antena diluar ruangan. Sedangkan dari segi kemudahan, banyak sekali perbedaan yang dapat di temukan tetapi kemudahan dalam melakukan penginstalasiannya, karena mudahnya mungkin tidak perlu lagi membaca buku manualnya karena sudah tergambar dengan jelas di setiap menu pilihan, walaupun hal ini sangat tidak dianjurkan.
9.       Kamera Digital
Kamera digital adalah kelanjutan dari kamera jenis biasa yang sudah tidak menggunakan rol film untuk menyimpan hasil pemotretannya, tetapi menggunakan kartu memori yang mempunyai kapasitas jauh lebih besar dibandingkan rol film biasa. Kamera digital dilengkapi dengan fitur yang mempermudah dalam pemotretan, mengedit langsung hasil pemotretan atau bisa juga digunakan sebagai pengganti handycam.
Untuk memindahkan hasil pemotretan dari kamera digital biasanya menggunakan kabel data melalui port USB pada komputer atau bisa juga dengan menggunakan memori pada kamera digital yang digunakan melalui media card reader yang sudah terhubung ke komputer.

10.  Graphics Pads
      Teknologi Computer Aided Design (CAD) dapat membuat rancangan bangunan, rumah, mesin mobil, dan pesawat dengan menggunakan Graphics Pads. Graphics pads ini merupakan input masukan untuk menggambar objek pada monitor. Graphics pads yang digunakan mempunyai dua jenis. Pertama, menggunakan jarum (stylus) yang dihubungkan ke pad atau dengan memakai bantalan tegangan rendah, yang pada bantalan tersebut terdapat permukaan membrane sensitif sentuhan ( touch sensitive membrane surface). Tegangan rendah yang dikirimkan kemudian diterjemahkan menjadi koordinat X – Y. Kedua, menggunakan bantalan sensitif sentuh ( touch sensitive pad) tanpa menggunakan jarum. Cara kerjanya adalah dengan meletakkan kertas gambar pada bantalan, kemudian ditulisi dengan pensil.

11.  Scanner
      Scanner adalah sebuah alat yang dapat berfungsi untuk meng-copy atau menyalin gambar atau teks yang kemudian disimpan ke dalam memori komputer. Dari memori komputer selanjutnya, disimpan dalam harddisk ataupun floppy disk. Fungsi scanner ini mirip seperti mesin fotocopy, perbedaannya adalah mesin fotocopy hasilnya dapat dilihat pada kertas sedangkan scanner hasilnya dapat ditampilkan melalui monitor terlebih dahulu sehingga kita dapat melakukan perbaikan atau modifikasi dan kemudian dapat disimpan kembali baik dalam bentuk file text maupun file gambar.
      Selain scanner untuk gambar terdapat pula scan yang biasa digunakan untuk mendeteksi lembar jawaban komputer. Scanner yang biasa digunakan untuk melakukan scan lembar jawaban komputer adalah SCAN IR yang biasa digunakan untuk LJK (Lembar Jawaban Komputer) pada ulangan umum dan Ujian Nasional. Scan jenis ini terdiri dari lampu sensor yang disebut Optik, yang dapat mengenali jenis pensil 2B.
      Saat ini telah dikembangkan scanner dengan teknologi DMR (Digital Mark Reader), dengan sistem kerja mirip seperti mesin scanner untuk koreksi lembar jawaban komputer, biodata dan formulir seperti formulir untuk pilihan sekolah. Dengan DMR lembar jawaban tidak harus dijawab menggunaan pensil 2 B, tapi dapat menggunakan alat tulis lainnya seperti pulpen dan spidol serta dapat menggunakan kertas biasa.

12.  Webcam
      Webcam merupakan peralatan yang mirip dengan fungsi handycam, yaitu mengambil gambar diam atau bergerak seperti film. Namun pada webcam, mengendalikan angle gambar harus dilakukan melalui komputer. Bentuk webcam bermacam-macam dengan beberapa fitur yang ditawarkan oleh vendor. Biasanya, peralatan ini diposisikan berhadapan dengan pengguna komputer, sehingga gambar yang ada di depan webcam dapat ditangkap langsung ke komputer.
      Saat ini, webcam banyak digunakan untuk membantu fasilitas chatting dalam forum diskusi atau chatting individu antar perorangan secara langsung dengan ditunjang peralatan voice, seperti microphone dan headphone.

13.  Card Reader
Peralatan tambahan komputer yang dihubungkan melalui koneksi pada port USB berfungsi sebagai media input atau output beberapa jenis memory card disebut sebagai card reader. Peralatan ini terdiri atas beberapa slot memory card jenis MMC card, SD card, micro SD card, M2 card,dan lain sebagainya.
Digunakan untuk media penyimpanan data, biasanya pada headphone, camera digital, camcorder, dan lain-lain.

14.  Barcode Reader
      Barcode termasuk dalam unit masukan. Fungsi alat ini adalah untuk membaca suatu kode yang berbentuk kotak-kotak atau garis-garis tebal vertical yang kemudian diterjemahkan dalam bentuk angka-angka. Kode-kode ini biasanya menempel pada produk-produk makanan, minuman, alat elektronik dan buku. Sekarang ini, setiap kasir di supermarket atau pasar swalayan di Indonesia untuk mengidentifikasi produk yang dijualnyadengan barcode.

15.  Speaker /Audio
      Piranti ini dapat digunakan untuk menghasilkan suara digital hingga musik. Piranti ini memerlukan kartu suara (sound card) perangkat lunak dan speaker. Melalui alat ini dimungkinkan untuk mengkonversi suatu teks menjadi suara.
 
16.   Microphone
      Alat ini berfungsi untuk merekam atau memasukkan suara yang akan disimpan dalam memori komputer. Dengan microphone, kita dapat merekam suara ataupun dapat berbicara kepada orang yang kita inginkan pada saat chating. Penggunaan microphone ini tentunya memerlukan perangkat keras lainnya yang berfungsi untuk menerima input suara yaitu sound card pada PC, yang berfungsi mengubah sinyal analog menjadi digital dan sebaliknya. Dengan speech recognition software, microphone digunakan untuk mendiktekan kalimat dan melakukan navigasi pada komputer.

17.  Headphone
Headphone adalah alat yang dapat mengubah energi listrik menjadi gelombang suara. Dengan headphone, kita dapat mendengarkan suara orang yang kita inginkan pada saat chatting. Ketika menggunakan headphone kedua telinga tertutup, kita hanya mendengarkan suara yang keluar dari headphone, sehingga saat chatting atau mendengarkan musik kita tidak terganggu dengan suara-suara yang lain.

18.  Light Pen
      Light pen adalah pointer elektronik yang digunakan untuk modifikasi dan men-design gambar dengan screen (monitor). Light pen memiliki sensor yang dapat mengirimkan sinyal cahaya ke komputer yang kemudian direkam, dimana layar monitor bekerja dengan merekam enam sinyal elektronik setiap baris per detik.


Tidak ada komentar:

Poskan Komentar